Plankton Adalah Hewan Terpenting Dilaut?

Plankton Adalah Hewan Terpenting Dilaut?

Plankton Adalah Hewan Terpenting Dilaut? – Plankton mengambang bebas, kebanyakan tumbuhan mikroskopis, hewan dan bakteri. Mereka umumnya tidak bisa berenang; sebaliknya, plankton diangkut oleh pasang surut dan arus. Nama plankton, seperti kata planet, berasal dari istilah Yunani yang berarti “pengembara”.

Plankton Adalah Hewan Terpenting Dilaut?

Mengapa plankton penting?

Mereka membentuk dasar jaring makanan Chesapeake Bay. Semua ikan dan kerang bergantung pada mereka untuk makanan selama bagian awal kehidupan mereka, dan beberapa mengkonsumsi plankton sepanjang hidup mereka.

Mereka sering digunakan sebagai indikator kesehatan Teluk karena memiliki rentang hidup yang pendek dan sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan.

Jenis plankton apa yang hidup di Teluk Chesapeake?

Plankton dapat dibagi menjadi tiga kelas besar: fitoplankton (alga), zooplankton dan bakteri.

fitoplankton

Fitoplankton (atau alga) adalah tumbuhan kecil bersel satu. Satu tetes air dari Teluk mungkin mengandung ribuan fitoplankton.

Fitoplankton adalah produsen utama makanan dan oksigen di Teluk, membentuk dasar jaring makanan. Seperti semua tumbuhan, fitoplankton melalui fotosintesis, sehingga mereka membutuhkan sinar matahari untuk hidup dan tumbuh. Oleh karena itu, fitoplankton paling banyak ditemukan di dekat permukaan air.

Ada banyak spesies fitoplankton, tetapi diatom dan dinoflagellata adalah jenis utama di Teluk. Ketika dinoflagellata mendominasi air, mereka terkadang menghasilkan bunga berwarna merah yang disebut pasang mahoni.

Konsentrasi fitoplankton terbesar di Teluk terjadi pada musim semi, ketika hujan lebat dan salju yang mencair mencuci kelebihan nutrisi ke Teluk dan sungai-sungainya. Polusi nutrisi dapat menyebabkan populasi fitoplankton tumbuh dengan cepat, membentuk ganggang mekar yang dapat menyebabkan kadar oksigen rendah di dasar perairan Teluk.

Para ilmuwan memantau populasi fitoplankton karena mereka merupakan cara yang efektif untuk mengukur upaya pengurangan polusi. Fitoplankton merespon dengan cepat terhadap perubahan tingkat nutrisi, yang memberi para peneliti indikasi yang sangat baik tentang kesehatan Teluk.

Zooplankton

Zooplankton adalah hewan yang mengapung bebas. Mereka adalah hewan paling banyak di Teluk dan sungai-sungainya. Satu galon air dapat mengandung lebih dari setengah juta zooplankton.

Zooplankton membentuk hubungan antara komunitas fitoplankton dan spesies yang lebih besar pada tingkat yang lebih tinggi dalam jaring makanan. Komunitas zooplankton mencakup konsumen primer (yang memakan fitoplankton) dan konsumen sekunder (yang memakan zooplankton lain).

Zooplankton sebagian besar mikroskopis, tetapi dapat berkisar dari protozoa bersel tunggal hingga ubur-ubur besar.

Copepoda — krustasea kecil dengan panjang sekitar satu milimeter — mendominasi komunitas zooplankton Teluk.
Ikan kecil dan larva kerang juga dianggap sebagai zooplankton. Meskipun tahap planktonik ini hanya sementara, larva merupakan bagian penting dari komunitas zooplankton.
Protozoa adalah hewan bersel tunggal yang memakan detritus dan bakteri. Mereka, pada gilirannya, menjadi makanan bagi larva, copepoda, dan zooplankton lainnya.
Ubur-ubur dan ubur-ubur sisir adalah zooplankton terbesar. Meskipun makhluk agar-agar ini bisa berenang, mereka sebagian besar bergantung pada pasang surut dan arus. Ubur-ubur dan ubur-ubur sisir memakan larva dan copepoda.
Semua ikan bergantung pada zooplankton untuk makanan selama fase larva mereka. Beberapa spesies, seperti shad, herring dan teri, memakan zooplankton sepanjang hidup mereka. Satu ikan haring dapat memakan ribuan copepoda dalam satu hari.

Seperti fitoplankton, populasi zooplankton merupakan indikator kesehatan Teluk yang sangat baik karena mereka peka terhadap perubahan lingkungan. Para ilmuwan dapat memperoleh gambaran yang baik tentang kondisi Teluk saat ini dengan melihat jumlah dan keanekaragaman zooplankton.

bakteri

Bakteri memainkan peran penting di Teluk. Mereka adalah pengurai, pengurai tanaman mati dan materi lainnya. Melalui proses ini, nutrisi dalam tanaman mati dan materi hewan sekali lagi menjadi tersedia untuk tumbuh tanaman. Zooplankton dan hewan pemakan filter lainnya memakan bakteri.

Beberapa bakteri adalah penghuni permanen Teluk. Lainnya, seperti bakteri coliform, diperkenalkan melalui berbagai jalur, termasuk kotoran manusia dan limpasan yang tercemar.

Penutupan

Demikian penjelasan kami untuk fakta mengenai hewan laut yang memiliki peranan yang sangat penting di laut. Kami mengucapkan terima kasih untuk anda yang sudah membaca artikel ini. Semoga artikel yang kami buat bisa bermanfaat untuk menambah wawasan anda mengenai hewan laut. Sekian dari kami dan terima kasih!

seastories

Kepiting Dan Fakta Yang Sangat Mernarik Tentangnya Previous post Kepiting Dan Fakta Yang Sangat Mernarik Tentangnya
Dugong Atau Duyung Yang Memiliki Fakta Memukau Next post Dugong Atau Duyung Yang Memiliki Fakta Memukau