Mengenali Lebih Dekat Ikan Botia, Ikan Hias Elok Indonesia 2022

Mengenali Lebih Dekat Ikan Botia, Ikan Hias Elok Indonesia 2022

Mengenali Lebih Dekat Ikan Botia, Ikan Hias Elok Indonesia 2022 – Hoby memiara ikan oleh sebagian orang sebagai satu kesenangan yang bisa kurangi depresi. Memiara ikan botia disebutkan sebagai hoby mahal karena beberapa macam ikan tertentu mempunyai harga sampai juta-an bahkan juga beberapa puluh juta rupiah.

Hoby memiara ikan bukan hanya digemari oleh warga dalam negeri saja tapi juga di luar negeri.

Salah satunya tipe ikan hias air tawar ialah ikan botia. Ikan elok ini mempunyai beberapa karakter yang penting dipahami supaya perawatan dan perkembang biakannya lebih gampang dilaksanakan.

Apa lagi yang ingin jadikan ikan ini sebagai usaha atau kesempatan usaha.

Karakter Ikan Botia

Mengenali Lebih Dekat Ikan Botia, Ikan Hias Elok Indonesia 2022

Kategorisasi

Ikan botia disebutkan bernama ikan bajubang, ikan hias ini cuman ditemui di dua lokasi di Indonesia diantaranya di perairan Sungai Batanghari Jambi dan sungai Barito Kalimantan.

Ikan tipe ini sebagai ikan epidemik asli negara Indonesia. Ikan botia disukai sebagai ikan hias dari suku cobtidae. Berdasar kategorisasi ilmiah ikan botia seperti berikut

  • Kingdom : Animalia
  • Fillum: Chordata
  • Kelas: osteichthyes
  • Sub kelas: Actynopterigii
  • Ordo: Teleostei
  • Sub ordo: Cyprinoidea
  • Kerabat: Cobitidae
  • Genus: Botia
  • Spesies: Botia macrachanta

Tahukah Kamu? Ikan Botia Sebagai salah satunya ikan cara loh, Jadi perlu untuk dilestarikan

Wujud Badan

Wujud badan ikan ini memanjang sama ukuran 16-20 cm, gepeng, dengan wujud perut lempeng, dan letak sirip punggung lebih depan dari sirip perut.

Ada empat pasang sungut umumnya mempunyai warna dasar badan merah, jingga ke kekuningan dibalut dengan pleret hitam umumnya sejumlah tiga. Sirip ekor tebal di bagian ujung warna merah.

Ikan Botia ini mempunyai duri di bagian bawah matanya, karena itu harus waspada saat mengalihkan atau menjala ikan ini.

Botia betina bertubuh lebih ramping dibanding dengan Botia jantan dan jantan mempunyai sirip ekor yang lebih panjang dibanding dengan dengan sirip ikan betina.

Ikan hias ini sebagai kelompok ikan egg layer, jika di alam terbuka musim penghujan ikan-ikan ini lakukan pemijahan. Bila terjadi hujan karena itu pH air di turunkan dan pergantian air dilaksanakan lebih kurang sekitar 15% sepanjang 20 menit sekali.

Tempat hidup (Komunitas)

Komunitas ikan ini ialah air tawar, mereka melakukan aktivitas di siang hari, umumnya hidup bergerombol. Karena itu bila memiara ikan seharusnya memiara lebih dari 3 ekor, Botia akan suka bila kelompoknya terbagi dalam 5 s/d 6 ekor.

Karena bila di akuarium mereka suka sekali hidup berdompol berenang bersama. Sama-sama berhubungan antara ikan hingga jadi panorama yang memikat.

Sikap Ikan Botia

Ada sikap lain dari ikan ini ialah rutinitas seperti tidur terkapar pada satu segi badannya. Hingga kerap dipandang bila ikan ini yang lakukan aktivitas semacam ini disangka sakit atau bahkan juga telah mati.

Ikan ini suka hidup di persembunyian karena itu seharusnya bila memiaranya disiapkan tempat persembunyian seperti batu atau tumbuhan air tiruan.

Bukan hanya harus ketahui karakter ikan ini saja. Tetapi, seorang pemula yang ingin memiara ikan hias elok ini harus sanggup lakukan pemeliharaan serta perawatan yang akurat. Ini supaya ikan tidak gampang terkena penyakit dan mati.

Perawatan Ikan Botia

Mengenali Lebih Dekat Ikan Botia, Ikan Hias Elok Indonesia 2022

Tipe Pakan

Botia cencerung terima semua tipe pakan. Harus diingat botia ini sebagai tipe ikan karnivora, oleh karena itu pemberian pakan seharusnya dilaksanakan dengan pakan diet protein tinggi.

Mereka terima tipe pakan beku atau tidak seperti daging udang, daging ikan, bhefheart atau kacang-kacangan yang direbus seperti kacang polong. Botia dewasa biasanya pemilih pada makanan.

Tipe Penyakit yang Kerap Hinggap

Seperti ikan lain secara umum, Botia ini rawan pada penyakit dan dapat disebutkan Botia nyaris tidak mempunyai pelindungan pada beberapa bahan beracun dalam akuarium. Contoh penyakit yang kerap hinggap ialah penyakit ick atau keracunan.

Maka dari itu, saat sebelum memiara Botia ini seharusnya kerjakan treatment pada air dan tumbuhan pada akuarium. Yakinkan air yang dipakai sebagai air yang bersih dan memiliki kandungan antibiotik fokus rendah untuk mematikan bakteri pada air dan bersihkan badan ikan.

Baca Juga; Dugong Atau Duyung Yang Memiliki Fakta Memukau

Kondisi akuarium

ikan botiaPerhatikan Aquarium Tempat Ikan Botia Anda

Memiara botia ini akan merasakan kesusahan yakni karena susunan tubuh ikan botia ini yang mempunyai sisik benar-benar tipis karena itu nyaris 100% ikan ini tidak terlindung dari beberapa zat beracun yang turut terarut di di air.

Hingga pemelihara harus betul-betul pastikan keadaan air bersih dengan suhu 24-27 derajat celcius, dan dengan pH 6- 6,5.

Frekwensi Pemberian Pakan

Aspek terpenting dalam memiara ikan ialah pemberian pakan. Memberi pakan kebanyakan akan membuat akuarium kerap kotor karena ada pakan yang masih ada. Dan bila terlampau sedikit bisa mengakibatkan ikan jadi kanibal.

Apa lagi bila ikan itu karnivora. Ikan hias ini mempunyai karakter menyenangi pakan yang sedikit tetapi kerap, dibanding langsung dikasih banyak.

Maka dari itu, kerjakan scheduling dalam memberi pakan pada ikan ini. Bila situasi keadaan terlampau kotor, Botia ini akan gampang sakit dan parahnya akan mengakibatkan ikan gampang mati.

Hingga, beri pakan sedikit-sedikit tetapi seringkali dalam satu hari. Dan janganlah lupa untuk menukar airnya saat kelihatan peralihan kejernihan.

Perawatan Lingkungan

ikan botiaLingkungan Sekitaran Ikan Botia Benar-benar Punya pengaruh untuk Kesehatannya ( Sumber: wilayah.sindonews.com)

Pada intinya perawatan tiap hewan mempunyai kecondongan kesusahan yang lain dari sisi perawatan atau perkembang biakannya. Apa lagi bila kita masuk ke proses budidaya ikan tersebut.

Harus pahami beberapa hal sampai pada pembuatan lingkungan yang lebih kurang harus sama dengan komunitas aslinya di alam.

Oleh karena itu jika Anda akan pilih ikan sebagai piaraan harus jeli karena susah-susah gampang. Sikap ikan juga harus jadi perhatian supaya ikan tumbuh secara baik tanpa alami depresi.

Tahukah Kamu? Langkah membandingkan ikan botia jantan dan betina ialah Ikan Botia dengan tipe kelamin jantan condong mempunyai sirip ekor yang lebih panjang daripada ikan Botia dengan tipe kelamin betina.

Cuaca

Factor external seperti cuaca benar-benar memengaruhi hewan air ini. Musim hujan bisa saja karunia dapat juga teror bila merasakan penyakit yang serang dan membuat ikan Anda sakit.

Walau perawatan dilaksanakan pada akuarium, cuaca sangat memengaruhi. Biasanya turun hujan, akan membuat cuaca jadi lebih dingin. Hingga bisa memengaruhi mekanisme kehidupan ikan.

Perawatan ikan botia ini selainnya dapat salurkan hoby dapat menjadi kesempatan usaha yang menggiurkan. Rintangan usaha apa saja akan gampang ditemui bila semua bermula melalui hoby.

Memiara ikan dipercayai bisa tingkatkan kedatangan elemen positif di dalam rumah, memberi peruntungan, dan pemiliknya mendapat ketenangan psikis, tangani stress dengan turunkan tingkat resah.

Beberapa warga melirik kesempatan usaha dari perawatan ikan hias ini. Hingga banyak yang lakukan usaha jual-beli ikan hias baik pada atau luar negeri.

Ada beberapa ikan hias khususnya ikan air tawar sebagai bintang pencinta ikan. Itu barusan karakter ikan Botia yang kemungkinan bisa menolong Anda yang baru memulai dan ingin memiara ikan elok ini.

Kuncinya perawatan ikan ini ialah selalu ditegaskan jika lingkungan hidupnya bersih. Disamping itu, selalu ingat mengenai frekwensi pemberian pakan pada ikan ini.

 

Dugong Atau Duyung Yang Memiliki Fakta Memukau Previous post Dugong Atau Duyung Yang Memiliki Fakta Memukau