Site icon seastories.org

Kepiting Dan Fakta Yang Sangat Mernarik Tentangnya

Kepiting Dan Fakta Yang Sangat Mernarik Tentangnya

Kepiting Dan Fakta Yang Sangat Mernarik Tentangnya – Kepiting adalah krustasea, subfilum dari arthropoda. Arthropoda adalah invertebrata dengan kerangka eksternal, yang memberi mereka eksterior yang keras. Kerangka luar yang tebal atau kerangka luar membuat kepiting terlihat tangguh.

Kepiting jantan dan betina berbeda dalam ukuran, bentuk, dan warna. Perbedaan utama antara kepiting jantan dan betina adalah anatomi bagian bawahnya – kepiting jantan memiliki celemek runcing sedangkan betina memiliki celemek bulat.

Meskipun ada banyak hewan dengan nama kepiting, tidak semuanya adalah kepiting sejati. Menarik, bukan? Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang krustasea ini.

Anatomi kepiting

Mereka memiliki sepuluh kaki dan disebut sebagai dekapoda. Seperti laba-laba, mereka juga memiliki kaki yang dapat menekuk pada persendiannya.
Dua kaki depan kepiting biasanya disebut cakar dan tidak digunakan untuk bergerak. Cakar juga disebut penjepit, dan bisa menjadi besar di beberapa kepiting. Kepiting renang menggunakan kaki belakangnya sebagai dayung untuk bergerak saat berada di air.

– Kepiting jantan biasanya memiliki cakar berwarna biru, sedangkan kepiting betina berwarna merah. Warna merahnya yang khas membuat mereka terlihat seperti memakai cat kuku merah!
– Kepiting memiliki mata pada batang, yang memungkinkan mereka untuk melihat sekeliling bahkan ketika mereka berada di bawah air atau batu, atau di liang mereka. Mata mereka terbuat dari ratusan lensa kecil.
– Perut kepiting berada di bawah cangkang utamanya, tidak seperti lobster yang memiliki perut di bagian belakang. Mereka juga telah memodifikasi pelengkap yang disebut maxillipeds yang digunakan untuk makan.
– Kebanyakan kepiting memiliki tubuh yang rata, memungkinkan mereka melewati celah-celah sempit dan jalur bawah air untuk menghindari pemangsa.
– butu kepiting adalah parasit yang memakan manusia, dan biasanya ditemukan di rambut kemaluan.
– Beberapa kepiting dapat bertelur dan membawa hingga satu juta telur sekaligus. Larva kepiting berukuran kecil, seukuran kepala peniti.
– Kepiting bekerja sama untuk mengumpulkan makanan dan melindungi keluarga mereka.
– Kepiting dapat terkena parasit berbahaya yang disebut sacculina, yang dapat mengebiri kepiting dan membuatnya mengerami telurnya. Mereka dengan parasit ini tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dan akhirnya mati.

Apa yang Dimakan Kepiting?

Mereka adalah omnivora dan memakan tumbuhan dan hewan. Mereka memakan berbagai jenis ganggang, cacing, moluska, dan krustasea lainnya (termasuk kepiting). Berbagai jenis kepiting memiliki kebiasaan makan yang berbeda, yang sebagian besar tergantung pada lingkungan dan jenis makanan yang mereka dapatkan. Misalnya, hewan ini di air asin memakan bayi penyu dan bahkan bangkai burung dan hewan laut lainnya yang terdampar di pantai.

Kepiting menggunakan penjepitnya untuk menahan makanan atau mangsanya, merobeknya menjadi potongan-potongan kecil dan bergerak ke dalam mulut. Beberapa spesies kepiting dapat menyaring makanan dalam air menggunakan setae, yang merupakan struktur kaku seperti rambut.

Dimana Kepiting Hidup?

Mereka biasanya hidup di perairan termasuk lautan, sungai, danau air tawar dan air asin. Kebanyakan kepiting lebih suka hidup di badan air tawar. Spesies kepiting tertentu juga dapat hidup di darat, terutama di daerah tropis, dan beberapa seperti Kepiting Kelapa atau Kepiting Perampok juga dapat memanjat pohon. Kepiting kelapa adalah arthropoda terbesar yang hidup di darat. Sekelompok ketam kelapa bahkan bisa memecahkan kelapa!

Berbagai Spesies Kepiting

Ada lebih dari 6.700 jenis berbeda yang diklasifikasikan ke dalam 93 keluarga. Sekitar 4.500 spesies diketahui oleh pria itu. Dari mereka, 850 varietas adalah kepiting semi-terestrial dan air tawar. Sayangnya, beberapa spesies hewan ini di air tawar berada di bawah ancaman kepunahan karena aktivitas manusia. Berikut adalah daftar spesies kepiting paling populer yang dikenal manusia.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan beberapa kepiting yang tampak unik seperti

  1. Masked Crab – tubuh yang menyerupai wajah manusia)
  2. Kepiting Raspberry – benar, tubuhnya berwarna dan tekstur raspberry
  3. Kepiting Orangutan – memiliki rambut coklat tebal seperti orangutan
  4. Kepiting Badut Gaudy – salah satu spesies terkecil, Kepiting Badut Gaudy lucu dan berwarna-warni (ingat Nemo?)
  5. Kepiting Beruang Teddy – memiliki banyak bulu seperti beruang yang suka diemong
  6. Kepiting Arrowhead – seperti namanya, memiliki kaki yang panjang dan tajam serta tubuh yang menyerupai gitar kecil.
  7. Pom-Pom atau Boxer Crab – memiliki anemon di tengah setiap cakarnya, sehingga terlihat seperti sedang memegang pom-pom.

Exit mobile version